Jumat, 02 Desember 2011

FUNGSI UTAMA KEWIRAUSAHAAN ADALAH “INOVASI”


            Berbicara mengenai “inovasi” memang tidak ada habisnya, inovasi merupakan suatu cara dalam meningkatkan suatu nilai. Nilai tersebut memiliki arti sangat luas seperti peningkatan nilai produk, peningkatan suatu proses, atau peningkatan suatu sistem. Dimana peningkatan-peningkatan tersebut akan melahirkan sesuatu yang baru yang mampu memenuhi keinginan perusahaan dan konsumen. Makna kata “peningkatan” tentunya berorientasi atau mengacu kepada kontinuitas yang berarti terus-menerus selama masih mungkin untuk dilakukan.
            Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa inovasi dikatakan sebagai peningkatan yang terus-menerus dilakukan selama masih mungkin untuk diperlukan dalam memenuhi ekspektasi perusahaan dan pelanggan. Hal ini dikarenakan inovasi sangat erat hubungannya dengan siklus hidup suatu produk. Tidak mungkin suatu produk akan selalu bertahan dan ada waktunya suatu produk harus dilakukan inovasi bahkan diganti dengan produk yang baru yang lebih memenuhi ekspektasi pelanggan. Tetapi, “inovasi” yang dilakukan secara bertahap dan terus-menerus akan membuat suatu produk mampu bertahan dalam memenuhi keinginan konsumen.
            Bertahannya suatu produk dalam suatu market atau pasar memang tidak hanya dipengaruhi dari segi inovasi yang dilakukan, banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan suatu produk dalam bertahan di pasar. Namun, di sisi lain, konsumen lebih melihat kemampuan, kualitas, keandalan, dll dari inovasi yang telah dilakukan. Inovasi sangat mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk. Maka dari itu, ‘inovasi’ secara terus-menerus harus dilakukan perusahaan dalam mempertahankan nilai suatu produk untuk selalu memenuhi keinginan pelanggan.

            “Inovasi” juga dapat dikatakan sebagai suatu fungsi utama dalam bidang kewirausahaan. Hal ini dikarenakan dengan inovasi, perusahaan akan mampu menciptakan sentuhan-sentuhan yang baru sehingga mampu mempertahankan suatu produk di pasaran. Berbeda dengan sebaliknya, apabila suatu bidang kewirausahaan tidak melakukan inovasi secara terus-menerus terhadap produk yang dihasilkannya, maka produk tersebut akan mengalami proses decline / kemunduran. Hal ini dikarenakan konsumen merasa jenuh terhadap produk tersebut karena tidak ada proses perkembangan ke arah yang lebih baik yang mampu memenuhi ekspektasi pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar