Sama
halnya dengan siklus hidup produk yang dimulai dari fase introduction (perkenalan), growth
(pertumbuhan), maturity (kedewasaan),
dan decline (Penurunan), Usaha pun
akan berakhir. Dari situ timbul pertanyaan apakah usaha tersebut dapat
bertahan, maka Jawabannya adalah tentu, tetapi dengan dilakukan antisipasi. Antisipasi
harus dilakukan agar usaha yang telah dijalankan selama ini tidak berakhir. Antisipasi
sangat penting dalam kelanjutan usaha ke depannya serta di masa mendatang. Maka
dari itu, antisipasi sangat diperlukan pada setiap perusahaan agar usahanya
tidak berakhir.
Dengan adanya antisipasi, perusahaan
dapat mengetahui kekurangan-kekurangan usahanya sehingga dapat dilakukan
perbaikan-perbaikan serta peningkatan-peningkatan yang dapat mempertahankan
usahanya serta meningkatkan kembali usaha yang selama ini telah dirintis. Sebaliknya,
tanpa adanya antisipasi yang dilakukan terhadap usahanya, perusahaan tidak
dapat mengetahui penyebab menurunnya kinerja dari usahanya. Sehingga,
perusahaan tidak mampu melihat kekurangan-kekurangan dari usaha yang
djalaninya. Hal itu tentunya dapat memicu fase decline atau berakhirnya suatu usaha yang selama ini dijalankannya.
Proses
antisipasi ini tidak hanya dilakukan saat suatu usaha mengalami penurunan.
Tetapi, saat fase introduction atau
perkenalan pun, proses antisipasi ini sangat diperlukan. Hal ini dilakukan agar
perusahaan mampu melihat kekurangan-kekurangan yang terjadi, sehingga bisa
cepat dilakukan perbaikan-perbaikan. Proses antisipasi yang dilakukan secara
terus-menerus akan memberikan dampak positif terhadap usaha yang sedang
berjalan. Selain itu, proses antisipasi tersebut juga akan membuat usaha yang
dijalaninya mampu mengikuti perubahan lingkungannya. Perubahan lingkungan
tersebut mampu mengubah usahanya sesuai dengan lingkungan seperti perubahan
produk, peningkatan kualitas, perubahan teknologi, dll. Sehingga, dari proses
antisipasi tersebut dapat dipastikan usaha yang dijalaninya mamppu bertahan
dalam kondisi apapun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar