Senin, 02 Januari 2012

Rencana Pemasaran Itu Penting


            Setiap hal yang berorientasi kepada tujuan-tujuan, maka dibutuhkan suatu perencanaan. Hasil yang optimal atau tercapainya suatu tujuan tidak pernah terlepas dari perencanaan. Perencanaan yang matang, terstruktur, terorganisir, dan tersusun dengan sangat baik akan memberikan hasil yang optimal. Tanpa adanya perencanaan yang matang dan tersusun dengan sangat baik, kemungkinan besar akan memberikan hasil yang kurang optimal bahkan ada kemungkinan tujuan-tujuan perusahaan gagal didapat atau direalisasikan. Hal itu membuat menurunnya popularitas perusahaan, menurunkan pendapatan, dan dampak-dampak negatif lainnya. Maka dari itu, sebuah perencanaan itu sangat penting dalam segala hal untuk mendapatkan hasil yang optimal serta berpengaruh positif terhadap tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
            Begitu pula dengan pemasaran produk dalam perusahaan, perencanaan dalam pemasaran itu sangat penting dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan itu sendiri. Hasil yang akan diperoleh dari perencanaan yang matang dalam pemasaran produk seperti permintaan konsumen dapat terpenuhi, keuntungan perusahaan meningkat, dan popularitas perusahaan juga meningkat. Perencanaan pemasaran produk pun dibuat tidak sembarangan. Perencanaan harus dibuat sesuai dengan kemampuan perusahaan itu sendiri, agar setiap langkah dari perencanaan yang telah dibuat dapat berjalan dengan lancar, sehingga tujuan-tujuan dapat tercapai sesuai dengan harapan. Sebaliknya, jika perusahaan membuat perencanaan yang tidak sesuai dengan kemampuan perusahaan itu sendiri, maka jelas akan menimbulkan ketidaksesuaian dan kemungkinan dapat menjadi hambatan perusahaan tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.
           Dalam pembuatan perencanaan pemasaran produk, perusahaan harus yakin bahwa perencanaan yang dibuat dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, perencanaan yang disepakati oleh pihak perusahaan mampu mencapai tujuan-tujuannya. Setelah perencanaan dibuat dan disepakati semua pihak perusahaan, langkah selanjutnya adalah ‘action’. Maksud dari ‘action’ disini adalah melakukan perencanaan yang telah dibuat dan disepakati. Dari ‘action’ setiap langkah perencanaan harus dimonitor dan dievaluasi. Hal tersebut tentunya dapat membuat perencanaan yang telah disusun perlu perbaikan atau tidak. Setelah setiap langkah perencanaan yang optimal dilakukan, tentunya hasil yang optimal dan tujuan-tujuan perusahaan dapat diraih. Hal tersebut akan memberikan peningkatan popularitas perusahaan, meningkatnya keuntungan, kepuasan konsumen terpenuhi, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar