Minggu, 25 Maret 2012

Menghormati Hak = Perdamaian


BENITO JUAREZ
"Menghormati hak-hak orang lain berarti perdamaian. BENITO JUAREZ (1806–1972), Presiden Meksiko (1861–1972)"

 

Kata bijak di atas jelas sekali bahwa melakukan penghormatan kepada setiap hak-hak manusia baik individu atau kelompok akan menghasilkan perdamaian dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bila kita lihat kenyataannya saat ini, banyak kalangan yang lebih memilih menyampingkan kedamaian dibandingkan dengan kepentingan kelompoknya. Padahal dengan terciptanya kedamaian antar individu maupun kelompok, sehingga timbul rasa akan saling menghormati dan menghargai yang akan menghasilkan keharmonisan dalam hidup ini.
 Dari sekian banyaknya perang mulai dari perang antar wilayah, perang antar daerah, perang antar kelompok, bahkan sampai perang suku terjadi karena hanya kesalahpahaman yang bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan dan musyawarah mufakat. Dilihat dari kejadian-kejadian itu sepertinya hak-hak dari setiap manusia baik individu maupun kelompok sudah sangat tidak diperdulikan lagi. Hal ini tentunya harus segera diselesaikan, bila perpecahan yang terjadi saat ini tidak mau berkembang menjadi lebih besar lagi. Penyelesaian masalah seperti ini harus dimulai dari diri sendiri yang nantinya harus ditularkan ke dalan suatu kelompok atau organisasi. Hal ini harus dilakukan untuk menjaga bahkan meningkatkan keharmonisan di negeri ini.
Memang, di negeri ini banyak sekali organisasi-organisasi atau kelompok-kelompok yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tapi, bukan berarti setiap perbedaan itu menjadi sebuah masalah pelanggaran hak. Hal ini dikarenakan bahwa pelanggaran hak hanya membawa negeri ini terjerumus ke dalam perihal-perihal yang negatif seperti perpecahan tali persaudaraan satu bangsa. Justru, dengan hadirnya perbedaan itu, membuat kita berpikir bahwa perbedaan itu indah, perbedaan bukanlah suatu persepsi yang membuat kita berbeda, tapi perbedaan itu selalu membuat kita bersatu di negeri ini.

Sumber:
http://suar.okezone.com/wisdom/index/ diakses pada tanggal 25 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar